Jumat, 27 Agustus 2010

Menyongsong Lailatul Qadr, Malam Seribu Bulan | Mbak Ulfa [dot] Com

Menyongsong Lailatul Qadr, Malam Seribu Bulan | Mbak Ulfa [dot] Com

Ceramah yang saya dengarkan tadi malam, ketika jamaah sholat tarawih bertemakan lailatul qadr. Lailatul qadr adalah malam kemuliaan yang lebih baik dari malam seribu bulan. Artinya ketika pada malam lailatul qadr kita sedang beribadah maka pahala beribadah satu malam tersebut sama dengan kita beribadah sebanyak 1000 bulan atau kira-kira 83 tahun lamanya. Apa dan ada apa yang terjadi pada malam lailatul qadr itu dijelaskan oleh Allah SWT dalam QS. Al-qadr ayat 1-5, yang artinya: “Sesungguhnya kami telah menurunkannya (al-qur’an) pada malam kemuliaan (1). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (2). Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan (3). Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin tuhannya untuk mengatur segala urusan (4). Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Sejak awal datangnya bulan ramadhan, sudah sepatutnya kita menyongsong lailatul qadr dengan penuh keimanan pada Allah SWT, karena kita tidak tahu kapan datangnya lailatul qadr tersebut. Allah sengaja merahasiakannya agar kita sebagai hambanya berlomba-lomba melakukan ibadah dan amal saleh untuk memperoleh malam yang lebih baik dari seribu bulan tersebut. Menurut beberapa hadist, lailatul qadr itu munculnya di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan ramadhan.Tanda-tanda munculnya lailatul qadr ini pada pagi harinya terasa sejuk, tidak panas dan tidak pula hujan. Lailatul qadr memang malam yang tenang dan syahdu, karena para malaikat yang dipimpin oleh malaikat Jibril turun ke bumi untuk mengatur segala urusan.

Doa apa yang dianjurkan untuk dibaca pada malam seribu bulan tersebut?

“Allahhummma innaka ‘afuwwun kariim, tuhibbul ‘afwa fa’fuanni”

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, maka maafkanlah aku”. (HR Tirmidzi & Ibnu Majah)

Sebagai seorang muslim dan muslimah sudah selayaknya dibulan penuh berkah dan maghfiroh ini kita memburu datangnya lailatul qadr, malam seribu bulan dengan penuh iman dan takwa yang tinggi pada Allah SWT. Dan tak lupa puji syukur pada Allah SWT, atas nikmat yang diberikan pada kita sebagai umat Rasulullah Muhammad SAW. Monggo dijawab kagem kulo lan panjenengan sedoyo, semoga kelak mendapat syafaat dari Rasulullah SAW. Allahhumma sholli alaa muhammad…….


1 komentar:

abdul halim mengatakan...

good, write as much as possible hopefully useful!